SATRIO PININGIT

Written By faiq aprilian on Sunday, August 12, 2012 | 12:57 PM

           


Dalam salah satu karyanya, Raden Ngabehi Ronggowarsito menulis ramalan tentang sosok satrio piningit. Diceritakannya bahwa kelak ada tujuh nama satriopiningit yang akan memimpin wilayah seluas kekuasaan Majapahit dahulu.
               
  
 Berikut ketujuh sosok satrio piningit tersebut :

   
   1SATRIO KINUNCORO MURWO KUNCORO
Tokoh pemimpin yang akrab dengan penjara(kinincoro), yang akan membebaskan bangsa ini dari belenggu keterpenjaraan dan akan kemudian menjadi tokoh pemimpin yang sangat tersohor di seluruh jagad (murwo kuncoro). Tokoh ini ditafsirkan sebagai Ir. Soekarno.
   2SATRIO MUKTI WIBOWO KESANDUNG KESAMPAR
      Tokoh pemimpin yang berharta dunia (mukti) juga berwibawa/ditakuti (wibiwo), namun akan mengalami suatu keadaan dipersalahkan, serba buruk dan juga dikaitkan dengan segala keburukan/ kesalahan (kesandung kesampar). Tokoh ini ditafsirkan sebagai Soeharto. 
                                                                       
       3. SATRIO JINUMPUT SUMELA ATUR
Tokoh pemimpin yang diangkat / terpungut (jinumput) akan tetapi hanya dalam masa jeda atau transisi atau sekedar menyelingi saja (sumela atur). Tokoh ini ditafsirkan sebagai BJ. Habibie.
    
   4 SATRIO LELONO TAPA NGRAME
Tokoh pemimpin yang suka mengembara (lelono) akan tetapi dia juga seorang yang mempunyai kejiwaan dan religius yang cukup. Tokoh ini ditafsirkan sebagai KH.Abdurrahman Wahid.
        
       5. SATRIO PININGIT HAMONG TUWUH
Tokoh pemimpin yang muncul membawa kharisma keturunan dari moyangnya. Tokoh ini ditafsirkan sebagai Megawati Soekarno Putri.
6
    6.  SATRIO BOYONG PAMBUKANING GAPURO
Tokoh pemimpin yang berpindah tempat dan akan menjadi peletak dasar sebagai pembuka pintu keemasan. Banyak pihak yang menafsirkan tokoh ini sebagai Susilo Bambang Yudhoyono.
   
            7.   SATRIO PINANDITO SINSIHAN WAHYU
Siapakah dia?? Dan dimanakh dia kini berada ??. telah digambarkan oleh Ronggowarsito bahwa satria terakhir ini adalah pemimpin yang amat religius, bahkan sampai sampai digambakrkan sebagai Resi Begawan dan akan senantiasa bertindak atas dasar hukum atau petunjuk Allah SWT, Insya Allah bangsa ini akan mencapai masa keemasan yang sejati. Aminnnn.

0 comments:

 
berita unik