Kiat Sukses Memulai Karir

Written By faiq aprilian on Sunday, August 12, 2012 | 1:00 PM



                Saat ini, persaingan antar perusahaan makin ketat. Persaingan tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan-pun demikian sulit. Makin banyaknya tenaga kerja yang berkualitas menuntut anda untuk secepatnya menyesuaiakan diri dengan tempat kerja baru. Jika tidak, anda akan tersingkir dan gagal untuk meniti karir yang diidamkan.


                Karena itu agar anda bisa bertahan dengan pekerjaan yang akan digeluti, sebaiknya anda perlu mengetahui informasi seputar hari0hari awal meniti karir. Berikut adalah strategi bagaimana anda harus bersikap selama 60 hari pertama di tempat kerja baru.
1.      14 hari pertama, Pengenalan rekan rekan kerja.
Dekati orang kantor yang akan sering anda temui, para pembuat keputusan, dan orang orang yang berpotensi menjadi mentor anda. Jangan ragu untuk mengadakan makan siang bersama orang-orang ini. Dengan membangun hubungan, kepercayaan dan informasi akan datang dengan sendirinya.
2.      16 hari selanjutnya, berusaha introspeksi diri atau bertanya pada atasan apakah sudah ada kemajuan dalam pekerjaan anda???
Bagaimanapun juga atasan pasti ingin`anda sukses, sebab, kesuksesan anda secara tidak langsung akan berakibat positif pada perusahaan. Karena itu, jangan takut bertemu atasan untuk menanyakan penilaian atas kinerja anda.
3.      15 hari selanjutnya, tulis dan pahami deskripsi pekerjaan anda
Setelah satu setengah bulan di posisi baru, harusnya anda sudah tahu tanggung jawab apa saja yang harus anda emban.  Tulis semua masalah tentang perusahaan. Kemudian, diskusikan dengan atasan anda agar masalah yang dihadapi dapat di persepsikan bersama atasan.
4.      15 hari terakhir, selsesaikan pekerjaan dengan baik.
Memang anda harus melakukan pekerjaan yang cukup sulit untuk membuat orang lain terkesan. Namun, anda harus berhati-hati. Pilih proyek pekerjaan yang masuk akal dan bisa diselesaikan dengan tepat waktu. Sebagai contoh, jangan pilih pekerjaan yang hanya anda yang terlibat karena hanya akan memakan waktu lebih lama dan mungkin tidak selsesai tepat waktu.
Selanjutnya anda harus bersikap sama seperti saat awal-awal bekerja agar pekerjaan terasa ringan dan tidak terlalu membebani pikiran anda. Dan ingatlah selalu bahwa memberikan dan menerima feedback dan menentukan posisi anda di kantor adalah proses yang terus berlanjut, jadi jangan cepat puas.

0 comments:

 
berita unik