Saat
ini, persaingan antar perusahaan makin ketat. Persaingan tenaga kerja untuk
mendapatkan pekerjaan-pun demikian sulit. Makin banyaknya tenaga kerja yang
berkualitas menuntut anda untuk secepatnya menyesuaiakan diri dengan tempat
kerja baru. Jika tidak, anda akan tersingkir dan gagal untuk meniti karir yang diidamkan.
Karena
itu agar anda bisa bertahan dengan pekerjaan yang akan digeluti, sebaiknya anda
perlu mengetahui informasi seputar hari0hari awal meniti karir. Berikut adalah strategi bagaimana anda harus bersikap
selama 60 hari pertama di tempat kerja baru.
1.
14 hari pertama, Pengenalan
rekan rekan kerja.
Dekati orang kantor yang akan sering anda
temui, para pembuat keputusan, dan orang orang yang berpotensi menjadi mentor
anda. Jangan ragu untuk mengadakan makan siang bersama orang-orang ini. Dengan
membangun hubungan, kepercayaan dan informasi akan datang dengan sendirinya.
2.
16 hari selanjutnya, berusaha
introspeksi diri atau bertanya pada atasan apakah sudah ada kemajuan dalam
pekerjaan anda???
Bagaimanapun juga atasan pasti ingin`anda
sukses, sebab, kesuksesan anda secara tidak langsung akan berakibat positif
pada perusahaan. Karena itu, jangan takut bertemu atasan untuk menanyakan
penilaian atas kinerja anda.
3.
15 hari selanjutnya, tulis
dan pahami deskripsi pekerjaan anda
Setelah satu setengah bulan di posisi baru,
harusnya anda sudah tahu tanggung jawab apa saja yang harus anda emban. Tulis semua masalah tentang perusahaan.
Kemudian, diskusikan dengan atasan anda agar masalah yang dihadapi dapat di
persepsikan bersama atasan.
4.
15 hari terakhir, selsesaikan
pekerjaan dengan baik.
Memang anda harus melakukan pekerjaan yang
cukup sulit untuk membuat orang lain terkesan. Namun, anda harus berhati-hati.
Pilih proyek pekerjaan yang masuk akal dan bisa diselesaikan dengan tepat
waktu. Sebagai contoh, jangan pilih pekerjaan yang hanya anda yang terlibat
karena hanya akan memakan waktu lebih lama dan mungkin tidak selsesai tepat
waktu.
Selanjutnya anda harus bersikap sama seperti
saat awal-awal bekerja agar pekerjaan terasa ringan dan tidak terlalu membebani
pikiran anda. Dan ingatlah selalu bahwa memberikan dan menerima feedback dan menentukan posisi anda di
kantor adalah proses yang terus berlanjut, jadi jangan cepat puas.
Baca juga : http://www.faiqdemon.blogspot.com
0 comments:
Post a Comment