MANFAAT KEDELAI UBTUK KESEHATAN

Written By faiq aprilian on Saturday, August 4, 2012 | 5:12 PM

Manfaat Kedelai bagi Kesehatan - Kedelai adalah keluarga kacang yang sangat bermanfaat. Kedelai juga mudah Anda dapatkan dengan berbagai bentuk seperti tempe, jajanan sampai susu. Kedelai memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Susu kedelai adalah salah satu manfaat kedelai sekaligus favorit saya.


Manfaat Kedelai

Berikut manfaat kedelai bagi kesehatan :
  1. Kedelai sebagai Antioksidan
    Kedelai sebagai antioksidan karena kandungan gizinya yang sangat tinggi dan kedelai juga mengandung senyawa isoflavon yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa ini berperan dalam mencegah dan menperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi udara.
  2. Mengurangi resiko terkena osteoporosis
    Kedelai dikatakan mampu meminimalisir resiko terkena ostoeporosis pada usia lanjut dikarenakan protein tinggi yang terkandung dalam kedelai akan menyerap kalsium maksimal untuk kesehatan tulang dan mencegah kerusakan atau kehilangan tulang. Konsumsi kedelai mulai sekarang akan mendapatkan manfaat ini ketika anda berusia lanjut seperti menjaga kekuatan tulang anda.
  3. Sebagai Zat Pembangun
    Kedelai banyak mengandung protein yang berfungsi sebagai pembangun tubuh. Baik untuk perkembangan sel-sel otak pada anak-anak, protein kedelai menyehatkan tubuh, meningkatkan stamina, dan produksi sel tubuh yang baik.
  4. Menjaga Berat Badan
    Kedelai diyakini cocok dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda bisa dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin 2-3 gelas per harinya. Kedelai mengandung serat yang tinggi, melancarkan pencernaan, mengatur kadar gula dalam darah, dan mampu menahan rasa lapar.
  5. Mencegah Kanker
    Kedelai dapat dikonsumsi sebagai makanan atau minuman antikanker. Karenakan kandungan senyawa yang terdapat dalam kedelai juga akan melawan tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh, seperti misalnya kanker payudara.
  6. Mengurangi Gejala Menopouse
    Kandungan kedelai berupa fitoestrogen dan isoflavin dapat membantu memberikan rasa nyaman saat gejala menopouse datang. Menopouse terjadi karena kadar estrogen dalam tubuh berkurang, sehingga menyebabkan kulit kering, emosi tak stabil, depresi. Maka perbanyak konsumsi protein kedelai membantu kebutuhan untuk bertahan dari efek gejala menopouse.
  7. Meringankan Diabetes
    Kedelai memiliki kandungan serat cepat larut sehingga menurunkan kolesterol dalam darah, gula dalam darah yang otomatis membantu mencegah diabetes menyerang.
  8. Mencegah Atherosclerosis
    Karbihidrat berupa serat kasar yang terdiri dari zat-zat pembakar lemak dalam tubuh, usus, atau pembuluh darah. Karbohidrat jenis ini yang terkandung dalam kedelai yang bisa mencegah Atherosclerosis.
Manfaat Kedelai bagi kesehatan memang cukup banyak, tinggal bagaimana Anda mengaplikasikannya. 
Semoga artikel tentang Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan bisa bermanfaat....

0 comments:

 
berita unik